Desa Siwarak adalah desa yang menawarkan keindahan alam dengan nuansa perbukitan. Pemandangan perbukitan yang indah ditambah sejuknya udara pasti membuat Anda betah berlama lama disini. Sehingga bagi Anda yang ingin menikmati Desa Wisata dengan nuansa perbukitan dan menikmati keindahan alam pertanian dan perkebunan Desa Siwarak adalah pilihan yang tepat. Obyek Wisata Goalawa adalah sarana pendukung yang mampu menjadi daya tarik tersendiri dengan Wisata Minat Khususnya yaitu berpetualang di Gua Lorong Kereta. Sebagai sarana pendukung lainnya adalah Agro Wisata Nanas yang bisa dijadikan oleh-oleh selama berkunjung di desa ini. Berikut adalah beberapa potensi Desa Siwarak dari mulai budaya, kuliner dan wisata.

1. Upacara Adat

Upacara adat dilakukan satu tahun sekali di bulan sura dimana dalam upacara tersebut dilakukan arak -arakan keliling kampung dengan membawa hasil bumi. Rangkaian acara upacara adat, antara lain :
a. Ruwat Bumi

Ruwatan bumi adalah salah satu upacara adat masyarakat agraris yang sampai saat ini masih di Desa Siwarak. Ruwatan berasal dari kata rawat atau merawat artinya mengumpulkan atau merawat yaitu mengumpulkan seluruh masyarakat kampung serta mengumpulkan semua hasil bumi, baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Upacara Ruwatan Bumi ini dilaksanakan sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan YME atas keberhasilan hasil panen pertanian dan sebagai tolak bala serta ungkapan penghormatan terhadap nenek moyang mereka yang telah berjasa meningkatkann taraf hidup di Desa Siwarak .

b. Pagelaran Wayang Gole

Pementasan wayang golek dilakukan setelah arak-arakan keliling kampung selesai. Sebelum hasil panen yang di buat semacam gunungan diperebutkan masyarakat akan di beri doa terlebih dahulu oleh sang dalang.

 

2. Sambatan

Sambatan merupakan kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama oleh warga desa dalam rangka memperbaiki rumah salah satu warganya. Aspek kegotong royongan serta semangat solidaritas sangat kental dalam tradisi ini.

 

3. Kesenian Tradisional
a. Kuda Lumping
b. Tek-Tek (Kentongan)
c. Genjring

4. Makanan Tradisional

Layaknya daerah pegunungan lainnya, untuk makanan tradisional di Desa Siwarak adalah nasi Jagung, Lalapan + Sambel bakar. Untuk oleh-oleh khas desa siwarak adalah buah nanas,manisan pepaya dan manisan cermai.

5. Sarana Akomodasi

Bagi wisatawan yang ingin mengunjugi desa Siwarak, tersedia sarana akomodasi berupa homestay yang dapat dipergunakan sebagai tempat bermalam. Untuk informasi tarif dan fasilitas, silakan lihat bagian paket wisata atau dapat langsung menghubungi contact person kami.