1. Latar Belakang
    Desa Siwarak sudah terkenal menjadi salah satu destinasi wisata di Purbalingga dengan adanya Obyek Wisata Gualawa. Kini beberapa Obyek Wisata Alam yang ada di Desa Siwarak seperti Gua Lorong Kereta sebagai wisata minat khusus yang dikelola Pokdarwis Lawa Mandiri, Bukit Njelir yang mulai diminati dengan pesona matahari terbitnya atau sunrise , Bukit Kelir dan Kebun Nanas mulai diminati wisatawan. Berangkat dari potensi alam dan budaya yang ada di desa Siwarak dan sebagai penunjang Obyek Wisata Goalawa yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas,maka Desa Siwarak diharapkan mampu menjadi tuan rumah yang baik untuk wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Siwarak.
  1. Gambaran umum Desa Siwarak

A. Batas Wilayah
Desa Siwarak terletak di sebelah utara kota Purbalingga yang berbatasan dengan :

    • Sebelah barat : Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja
    • Sebelah timur : Desa Karangreja Kecamatan Karangreja
    • Sebelah utara : Kabupaten Pemalang
    • Sebelah selatan : Desa Tlahab Lor Kecamatan Karangreja

B. Luas Wilayah
Luas wilayah desa Siwarak 672.750 Ha  dan terbagi menurut penggunaannya :              1). Tanah persawahan irigasi tehnis                                                                                 2). Tanah persawahan irigasi ½ tehnis
3). Tanah pemukiman
4). Tanah pekarangan
5). Lain-lain

 C. Pembagian Wilayah
Desa Siwarak terbagi menjadi 4 Dukuh yang terdiri dari 10 RW dan 41 RT                       1). Dukuh Krajan                     RW 01, 02, 05, 04 terdiri dari 19RT
2). Dukuh Wanareja                RW 03, 06 terdiri dari 8 RT
3). Dukuh Brobahan                RW 07,08 terdiri dari 8 RT
4). Dukuh Krete                       RW 09, 10 terdiri dari 6 RT

 D. Jumlah Penduduk
Jumlah Penduduk Desa SIWARAK sebanyak  7.200 Jiwa terdiri dari
1). Laki-Laki                             :3.778
2). Perempuan                         :3.422

3. Potensi desa
Desa Siwarak sangat potensial untuk dijadikan Desa Wisata, letak yang strategis serta di dukung dengan keadaan alam yang indah dengan mata pencaharian penduduk mayoritas petani, mudah di jangkau oleh para pengunjung baik dari wilayah Kabupaten  Purbalingga maupun dari Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Pemalang.

4. Kebudayaan dan Kesenian
Kesenian tradisional di Desa Siwarak adalah kesenian yang didirikan hasil cipta dan karya asli putra putri daerah.Kesenian yang ada di desa Siwarak adalah Kentongan, Kuda Lumping, Sedekah Bumi.Sebagian karya ini adalah hasil cipta mandiri para pemuda pemudi desa Siwarak, sehingga masih sangat perlu pembinaan untuk pengembangan kelestarian kesenian masyarakat Desa Siwarak khususnya.