Yang Menarik Di Desa Wisata yang ada di Kab. Purbalingga memang tidak ada Disneyland, Tapi desa wisata punya beberapa potensi alam yang menarik. Dan salah satu desa wisata yang mempunyai daya  tarik dan keunikan lokal adalah Desa Wisata Siwarak. Selain memiliki Obyek Wisata Gualawa yang lebih dulu melegenda, Desa Wisata Siwarak memiliki beberapa potensi alam menarik yang bisa djadikan allternatif kece untuk berpetualang atau sekedar berburu koleksi DP !!
Tidak seperti Hongkong, Paris, Tokyo, Jakarta atau kota lain manapun di Indonesia yang tidak memiliki Disneyland, Taman rekreasi yang megah dan berisi karakter dari masa kecil kita ini mungkin tidak akan dibangun disini — paling  tidak, tidak dalam waktu dekat ini. Tapi, disini ada beberapa potensi wisata lokal yang tak kalah menarik dan tak  kalah asyiknya untuk Anda jelajahi. Berikut adalah tempat-tempat menarik di Desa Siwarak yang bisa dijadikan alternatif untuk petualangan Anda …
1. Caving/Susur Gua Lorong Kereta.
Bagi Anda yang suka berpetualang pasti tidak akan rugi mencoba Paket Wisata minat khusus Gua Lorong Kereta yang makin diminati pengunjung . Meskipun saat ini Goalawa dalam pembenahan dibawah pengelolaan PD Owabong namun Gua Lorong Kereta masih dipertahankan sebagai salah satu daya tarik wisata minat khusus.  Gua Lorong Kereta adalah Destinasi Wisata Purbalingga yang berada satu lokasi dengan obyek wisata gualawa yang bisa memberikan berbagai tantangan dengan variasi lorong yang cukup kaya, dari lorong yang lebar sampai yang sempit, medan berair, berlumpur, memanjat, semua bisa Anda rasakan disini. Petualangan di Gua Lorong kereta membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 500 meter.Bule denmark, Jepang dll aja udah ngrasain petualangannya disini,,, Anda kapan ??

Caving Gua Lorong Kereta Caving Gua Lorong Kereta Caving Gua Lorong Kereta

2. Sunrise Trekking Bukit Njelir
Terletak di Perbatasan antara Kab.Purbalingga dan Kab. Pemalang diatas ketinggian 1000 mdpl Bukit Njelir menawarkan sensasi lebih karena selain bisa menikmati kemegahan Gunung Slamet, Anda juga bisa menikmati sunrise. Suasana udara sejuk pegunungan dan pemandangan yang indah, pasti akan mampu menutup lelahnya perjalanan . Meski berada di perbukitan, perjalanan wisata ini juga aman dan nyaman karena dipandu oleh pramuwisata yang berpengalaman. Bukit Njelir cukup ramah untuk pendaki pemula karena trek yang tidak terlalu terjal dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dari Obyek Wisata Gualawa.

Sunrise Njelir Sunrise Trekking Sunrise Bukit Njelir

3. Bukit Kelir
Pingin trek yang lebih menantang sesekali Anda bisa mencoba naik ke Bukit Kelir. Berada di ketinggian 1300 mdpl cukup membuat kita serasa naik gunung beneran. View yang kita dapat juga tak beda jauh dengan Bukit njelir. Dengan pesona alam yang menawan dan view pemandangan yang menakjubkan Bukit Kelir dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3 – 4 jam perjalanan, tergantung fisik dan keadaan alam.

Paket Hiking Paket Wisata Alam Paket Camping Ground

4. Alur Sipetung
Berada di Selatan Obyek Wisata Gualawa Anda akan menemukan pemukiman penduduk  yang berada di perbukitan yang pemandangannya tidak kalah indahnya dan yang lebih menarik Anda bisa menempuh perjalanan ini mnggunakan motor atau mobil meski jalan yang dilalui belum begitu halus. Disini Anda juga bisa menikmati sunrise di pagi hari  atau berjalan2 di hamparan kebun nanas. Sensasi meluncur di flying fox yang saat ini terpanjang di Kab. Purbalingga juga bisa Anda rasakan disini.

Agro Wisata Flying Fox Desa Wisata Siwarak

5. Curug Muncrat
Salah satu curug yang berada di Desa Wisata Siwarak adalah Curug Muncrat. Terletak di sebelah barat Rest Area Alur Sipetung yang dapat di tempuh sekitar 20 menit berjalan kaki. Disekitar curug muncrat juga terdapat beberapa curug, di antaranya curug pengantin, curug alur jero, curug ireng, curug alur sipetung yang ke semuanya mengalir ke curug silintang.

Curug Muncrat Curug Muncrat Curug Muncrat

 

6. Sensasi Dolli
Sensasi Dolli adalah  Paket Wisata Petualangan di Purbalingga yang ditawarkan  Desa Wisata Siwarak. Dolli (Dolan Kali) merupakan paket wisata minat khusus yang menyuguhkan keindahan alam & petualangan seru dengan menyusuri sungai dan tebing di sekitaran perbukitan Desa Wisata Siwarak. Dari trek dan harga paket wisata bervariasi tergantung permintaanwisatawan. Disini wisatawan juga tak harus turun tebing bagi yang takbernyali menuruni tebing/curug atau istilah kerennya canyoning.
Wisatawan bisa mlipir lewat pinggir sungai untuk bisa mencapai bawah curug. Untuk trip panjang penyusuran di mulai dari kali complang,turbin, curug lawang. Total waktu yang dibutuhkan selama penyusuranmencapai 5 – 6 jam.  Untuk trip sedang total waktu yang di butuhkan 3 – 4 jam. Tertarik untuk melakukan petualangan bersama kami ???
Dolan Kali Paket Wisata Air Wisata Purbalingga
9. Kuliner
Anda mungkin belum pernah mencoba rasanya nanas goreng, dodol nanas, manisan cermai atau pepaya, ataupun mungkin belum merasakan nikmatnya nasi jagung + sambal bakar. Anda akan dapatkan ini semua bila Anda berbaur dan menyatu dengan menginap di homestay milik penduduk dan merasakan keseharian mereka di Desa Wisata Siwarak

Kuliner Nasi Jagung Manisan Pepaya Manisan Cermai

Berpetualang di dalam sempitnya lorong gua ataupun di indahnya perbukitan gak cuma menawarkan hiburan untuk melepas penat, tapi juga mengajak kita kembali menggali sisi kanak-kanak kita lewat petualangan2 seru, merayap di dalam gua, berjalan ngesot
dimedan yang terjal adalah sebagian memori yang akan mengingatkan pada masa kecil kita. Sekarang Anda akan pilih potensi mana dulu yang akan Anda jelajahi untuk memulai petualangan Anda ??Yuk, tulis aja di komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *